Penjelasan Bitcoin Dan Cara Membuat Rekening Bitcoin Secara Lengkap
Penjelasan Bitcoin Dan Cara Membuat Rekening Bitcoin Secara Lengkap

Penjelasan Bitcoin Dan Cara Membuat Rekening Bitcoin Secara Lengkap

By On Saturday, March 10th, 2018 Categories : Bisnis Online

I. Mengenal apa itu Bitcoin?

Bitcoin merupakan mata uang virtual yang pertama kali dikembangkan pada tahun 2009, dan juga mata uang virtual yang pertama kali di akui oleh dunia sebagai alat transaksi. Bitcoin kali pertama dibuat oleh seseorang dengan menggunakan nama samaran Satoshi Nakamoto. Bitcoin atau BTC ini sama seperti halnya mata uang Rupiah maupun Dollar dari negara manapun, bedanya Bitcoin hanya tersedia dalam bentuk digital. Sebuah konsep yang mungkin terdengar mirip dengan eGold, meski sesungguhnya sangat jauh berbeda diantara keduannya.

Menjadi mata uang virtual tentunya Bitcoin memiliki fitur yang sama dengan mata uang yang telah digunakan pada suatu negara. Namun, sebenarnya ada perbedaan diantara virtual currency dan uang sah suatu negara seperti USD, Euro, Yen, Rupiah dan lainnya. Perbedaan mendasar terletak pada bentuk (wujud fisik). Bitcoin dan virtual currency lainnya tidak memiliki wujud fisik sedangkan uang sah memiliki wujud fisik.

Tapi tunggu dulu. Meskipun tidak memiliki wujud fisik, Bitcoin memiliki beberapa manfaat yang lebih besar daripada uang resmi pada umumnya.

Berikut ini adalah fitur yang sekaligus menjadi manfaat dari Bitcoin sebagai mata uang virtual :

  • Transfer Instan Peer to Peer – Peer to peer merupakan fitur Bitcoin yang berjalan tanpa memiliki pusat server. Server yang menjadi penyimpanannya memiliki sifat desentralisasi dan terdistribusikan-dibagi ke semua server yang dijalankan oleh setiap pengguna yang bisa terhubung ke Jaringan.
  • Transfer Mudah dan Kemana Saja – Berbeda dengan emas, mata uang virtual yang satu ini bisa dikirimkan kemana saja dengan hitungan detik, dimanapun pengguna berada dan kapanpun pengguna inginkan. Pengiriman uang dengan menggunakan Bitcoin bisa terjadi hanya dengan bermodalkan smartphone dan koneksi internet saja.
  • Gratis Biaya Transfer – Dalam transfer BTC ini, biaya bisa dihilangkan bahkan digratiskan. Namun demi mempercepat transaksi biasanya dompet/wallet yang Anda gunakan untuk menyimpan BTC akan menerapkan potongan kisaran 500 hingga 3.000 rupiah berapapun besar jumlah uang yang akan ditransfer.
  • Bersifat Irreversible (Sekali Dikirim Tidak Bisa Dibatalkan) – Bila dalam proses transfer Bitcoin sudah terjadi, maka transaksi tersebut tidak bisa dibatalkan. Kecuali orang yang bertransaksi dengan Anda bersedia mengirimkan kembali uang yang Anda transfer ke dompetnya.
  • Transaksi BTC Bersifat Pseudonymous – Pada transaksi BTC sangatlah transparan. Semua transaksi yang pernah dilakukan dan juga saldo dari Bitcoin yang dimiliki seseorang bisa kita lihat. Akan tetapi, kita tidak bisa mellihat pemilik dari alamat BTC tersebut bila si pemilik tersebut tidak memberitahukan data dirinya. Dalam hal ini, setiap para pengguna BTC bisa memprivasi namanya ingin dimunculkan atau tidak. Meskipun nama dari pemilik tersebut tidak bisa dilihat, namun semua history transaksinya akan tercatat dan bisa dipantau oleh semua orang atau pengguna BTC lainnya. Jadi, Bitcoin sangat transparan.
  • Bitcoin Bersifat Independent – Bitcoin menggunakan teknologi Blockchain, sebuah teknologi peer to peer yang diklaim paling aman dalam transaksi keuangan. Sebab dalam hal ini server satu dengan yang lainnya saling berhubungan selayaknya rantai (Chain). Maka bila ada seorang cracker/hacker yang ingin meretas transaksi dari bitcoin maka ia harus meretas semua server yang jumlahnya jutaan tersebut. Jadi mustahil bila Blockchain ini diretas. Selain itu, Bitcoin juga bukan berasal dari sebuah negara maka tidak ada Perbankan yang bisa mengontrol Bitcoin ini. Sangat aman karena tidak ada pihak atau instansi yg berbuat curang.
  • Jumlah Limited (Terbatas) – Bitcoin hanya akan ada sebanyak 21 juta coin di seluruh penjuru dunia. Dengan sistem penciptaan yang terus berkurang pada setiap 4 tahun, sistem ini menyerupai sistem ekonomi dengan mendasarkan deflasi dan terbatasnya supply BTC menjadikan harga Bitcoin justru semakin mahal dan bahkan cenderung mengalami kenaikkan.

Lalu bagaimana dengan masa depan Bitcoin ini, kenapa orang beramai-ramai menginginkannya?

Manfaat Bitcoin lebih dari sekedar mata uang pada umumnya. Bitcoin merupakan mata uang dengan menggunakan teknologi canggih, maka sangat aman bila dijadikan sebuah aset masa depan tanpa harus memperdulikan biaya tambahan. Berbeda dengan sistem Perbankan yang mana penyimpanan uang selalu menerapkan potongan biaya penyimpanan atau biaya admistrasi lainnya. Sedangkan jika kita menyimpan Bitcoin, kita bisa mendapatkan untung dari kenaikkan harganya yang setiap tahun meningkat tajam, dan tentunya tanpa adanya biaya tambahan atau potongan penyimpanan tiap bulan.

Masa depan bitcoin sangat menjanjikan hingga sampai saat ini. Bagaimana tidak? Bitcoin merupakan mata uang dengan idelisme bahwa mata uang yang sempurna adalah mata uang yang tidak dikontrol oleh pemerintah maupun Bank sentral. Dimana pemerintah dengan Bank sentralnya digadang-gadang selalu memiliki celah kelalaian dalam menjaga kestabilan ekonomi yang menyebabkan krisis finansial, dan tentunya mereka para pengguna Bitcoin selalu percaya bahwa pemerintahan suatu negara dikuasai oleh orang-orang yang korup dengan kebijakan yang mementingkan dan menguntungkan konglomerat semata. Apakah Anda juga percaya? Tentu saja 🙂

Idealisme diatas sangat menarik bagi para sebagian orang terutama mereka yang bergerak dalam bidang IT, sehingga mereka cenderung lebih menginvestasikan seluruh dananya ke dalam Bitcoin jaminanuntuk masa depan yang sangat menjanjikan. Hal ini terbukti sejak dibentuknya Bitcoin dan menjadi mata uang universal, kini harga Bitcoin melambung tinggi. Pada tahun 2013 saja 1 BTC nilainya berada di kisaran 860 USD (atau sekitar Rp11.352.000,-), Bahkan pada bulan Juli 2017 kemarin, harga Bitcoin menyentuh angka tertinggi dalam sejarah Bitcoin yaitu sekitar Rp62.5000.000,- untuk 1 Bitcoin!

Hal tersebut membuktikan bahwa Bitcoin bisa menjadi aset masa depan yang sangat sangat menjanjikan.

Dari potensi investasi BTC yang menjanjikan tersebut, tidak heran bila artis-artis dunia kini mulai mengalihkan aset investasinya ke dalam bitcoin ini. Adapun beberapa artis dunia yang menggunakan bitcoin seperti Richard Sherman, Mel B, Drew Carey, Akon, Ashton Kutcher, dan masih banyak lagi lainnya. Bukan hanya artis papan atas dunia saja, namun artis lokal Indonesia seperti Gracia Indri, Syahnaz Sadiqah, Gisela Cindy, Ryan Delon, Ivan Gunawan, Irfan Hakim dan masih banyak lagi sudah menjadi pengguna Bitcoin Indonesia.



Lalu bagaimana bila kita ingin bergabung menjadi pengguna Bitcoin dan berinvestasi untuk masa depan? Apakah akan sulit dalam registrasinya?

Untuk bisa bergabung dan membuka rekening Bitcoin ini Anda bisa mengikuti panduan terbaru mendaftar akun Bitcoin berikut ini. Sangat mudah dan cepat.

II. Cara mendaftar dan membuat Rekening Bitcoin

Rekening Bitcoin biasa juga disebut sebagai tempat penyimpanan bitcoin, para pengguna biasanya menyebutnya dengan dompet (wallet). Dompet ini nantinya menjadi alamat Anda untuk digunakan dalam bertransaksi.

Berikut ini Panduan Terbaru Cara Membuat dan Mendaftar Akun Bitcoin :

1. Klik https://vip.bitcoin.co.id

2. Isi email dan no hp Anda, lalu klik Register Akun.

3. Isi semua data yang dibutuhkan, klik Saya bukan robot, lalu klik Lanjut Pendaftaran.

4. Pendaftaran berhasil. Selanjutnya tinggal memverifikasi Email anda.

5. Cek email anda dan buka Email Aktivasinya. Lalu klik link Aktivasi Account untuk mengaktifkan Rekening Bitcoin anda.

6. Rekening Bitcoin Anda sudah sukses diaktifkan, selanjutnya Anda bisa login ke akun Bitcoin Anda dengan mengisi email dan password yang telah dibuat sebelumnya, klik Saya bukan robot, lalu klik Masuk.

7. Selanjutnya proses verifikasi no hp. Jika no hp dirasa sudah benar, silahkan klik “Nomor di Atas Benar”. Namun jika No Hp dirasa salah, silahkan klik “Salah, Ganti Nomor”.

8. Selanjutnya akan ada SMS masuk ke HP anda yg berisi PIN SMS 6 angka. Masukkan 6 angka tersebut di kolom yg disediakan lalu klik Submit.

9. Selanjutnya klik lewati langkah ini. Tahapan ini bersifat opsional, boleh dilakukan, boleh juga tidak. Tapi saya pribadi memilih untuk tidak mengaktifkannya karena prosesnya ribet.

Selamat! Rekening Bitcoin Anda sudah hampir selesai dibuat. Langkah terakhir adalah proses Verifikasi ID/KTP.

Proses Verfikasi ini hukumnya WAJIB dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari, seperti penipuan, pencucian uang dll. Anda tidak mau kan Polisi datang ke rumah Anda karena kasus pencucian uang melalui Bitcoin? Hehe… Makanya lakukan Verifikasi ID/KTP. Kita mah cari aman saja ya. Dan proses Verifikasi ini juga berguna untuk memperlancar proses Penjualan dan Pembelian Bitcoin Anda nantinya.

Cara memverifikasinya silahkan klik https://vip.bitcoin.co.id/additional_profile lalu isi semua data yang diperlukan sesuai KTP.

Terakhir silahkan ikuti Petunjuk yang ada di halaman Verifikasi yaitu upload foto / scan KTP dan foto wajah sambil memegang kertas bertuliskan “Verifikasi Beli Bitcoin di Bitcoin.co.id disertai nama lengkap dan tanda tangan Anda.

Selamat! Akun / Rekening Bitcoin Anda sudah siap digunakan untuk berinvestasi Bitcoin ^_^

Demikian sedikit penjelasan tentang Bitcoin dan Panduan cara membuat dan mendaftar Akun Rekening Bitcoin. Semoga bermanfaat.
Selanjutnya anda bisa mengisi Saldo Bitcoin Anda untuk mulai berinvestasi Bitcoin. Panduannya bisa dilihat di sini Panduan dan Cara Membeli dan Mengisi Saldo Bitcoin

Salam.

=========================================================================
Tambahan :
Cara mengetahui alamat Wallet Bitcoin

Untuk mengetahui alamat Wallet Bitcoin Anda supaya bisa dipergunakan untuk menerima Bitcoin dari orang lain baik itu keluarga, teman, kerabat dll, Anda bisa masuk ke link berikut https://vip.bitcoin.co.id/finance/btc

Protected by Copyscape
Penjelasan Bitcoin Dan Cara Membuat Rekening Bitcoin Secara Lengkap | Ahmad Nalilu | 4.5