Memilih Nama Domain Dan Judul Blog Yang Bagus Untuk Blog Bisnis Online
Memilih Nama Domain Dan Judul Blog Yang Bagus Untuk Blog Bisnis Online

Memilih Nama Domain Dan Judul Blog Yang Bagus Untuk Blog Bisnis Online

By On Saturday, February 10th, 2018 Categories : Blogging, SEO

Memilih nama domain dan judul blog yang bagus sangat penting dalam pembuatan website dan blog bisnis.  Sudah banyak yang menuliskan cara memilih nama domain dan judul blog yang bagus, atau cara membuat judul blog yang keren, judul yang indah, yang dst. Disini saya hanya menyimpulkan dan menambahkan beberapa darinya.

Sebenarnya memilih nama domain dan judul untuk blog anda terkait dengan tujuan anda membuat blog tersebut. Apakah untuk membangun brand anda sendiri, untuk memenangkan persaingan merebut posisi yang bagus di google untuk sebuah kata kunci populer, atau blog anda adalah perpanjangan dari sebuah perusahaan atau produk.

Nama domain blog untuk membangun sebuah branding.

Bila anda bermaksud membangun nama anda sendiri sebagai sebuah branding, anda bisa gunakan nama anda sebagai nama domain untuk blog anda, misalnya: http://www.abdulmajid.blogspot.com atau http://www.abdulmajid.com dll.

Atau anda ingin membangun brand sebuah profesi, anda bisa memilih profesi tersebut untuk nama domain blog anda. Misalnya anda seorang akuntan yang ada di kota Palembang, anda bisa pilih nama misalnya: http://www.akuntanpalembang.com.

Atau anda bisa pilih nama yang benar-benar belum pernah dipakai orang itupun pilihan yang bagus sekali. Anda bisa memilih kata apa saja misalnya http://www.zigzag.com, http://www.tingtong.com, dll.

Pilihlah kata yang berkonotasi positif, satu kata, tidak kuno(misalnya: floppydisk.com, karena floppy disk adalah masa lalu), mudah dieja, familiar untuk lidah orang Indonesia. Anda jangan gunakan kata misalnya: http://www.ziggizaggyi.com, atau http://www.tinktonk.com karena kata-kata tersebut sulit dieja dan tidak familiar untuk lidah orang Indonesia.

Nama domain untuk blog dengan tujuan lebih mudah dioptimasi (SEO).

Memilih nama domain dan judul blog untuk memperbesar peluang memenangkan persaingan merebut posisi teratas di halaman google untuk sebuah kata kunci populer, anda pilih nama domain sesuai dengan kata kunci populer tersebut.

Misalnya kata kunci populer yang anda targetkan adalah "akuntan di Palembang" maka anda buatlah URL blog anda http://www.akuntanpalembang.com.

Kemudian judul blog untuk URL (nama domain) tersebut haruslah memuat kata "akuntan di Palembang"

Kenapa URL blog, judul blog harus sama katanya dengan kata kunci yang kita targetkan. Pemilihan URL blog dan judul blog dengan menggunakan kata kunci yang populer yang menjadi target anda adalah agar blog anda dapat lebih mungkin memenangkan persaingan merebut posisi teratas untuk kata kunci tersebut.

Kalau anda perhatikan hampir semua website penyedia jasa SEO umumnya menggunakan kata "SEO" atau "search engine" sebagai nama domain. misalnya: http://www.seobook.com, http://www.seomoz.org, http://www.searchengineland.com, http://www.searchenginewatch.com dll.

Nama domain dan judul blog untuk tujuan dijual kembali.

Mungkin anda bermaksud membeli nama domain dan mengelola website atau blog yang kelak anda bermaksud menjualnya kembali setelah blog atau website tersebut bernilai jual yang bagus.

Untuk tujuan ini anda jangan gunakan nama anda sebagai nama domain, meskipun website atau blog anda memiliki ranking dan pagerank yang bagus pembeli yang bernama "Abdul Majid" tidak akan berminat membeli sebuah blog atau website berharga mahal bila nama domain blog tersebut adalah http://www.andiwira.com.

Pilih juga nama domain dari sebuah kata yang populer dan umum, tidak merujuk kepada sebuah wilayah atau kota tertentu. Misalnya nama domain anda adalah http://www.akuntanpalembang.com, pembeli yang berasal dari kota lain tidak akan berminat membeli domain anda dengan harga yang bagus.

Judul untuk blog dan website.

Lalu bagaimana dengan judul blog atau website. Judul blog dan website harus memuat kata yang sama dengan nama domain anda. Misalnya nama domain anda http://www.akuntanpublik.com, maka kata-kata akuntan publik harus menjadi bagian dari judul blog atau website anda misalnya anda buat judul blog anda "jasa akuntan publik indonesia".

Tapi bila anda terpaksa tidak bisa memuat kata yang ada dalam nama domain sebagai judul blog sebenarnya tidak menjadi masalah, namun untuk tujuan SEO menjadi kurang bagus. Misalnya nama domain blog anda http://www.andiwira.com dan judul blog anda "blog akuntan publik Indonesia"

Demikianlah semoga menjadi masukan untuk anda memilih nama domain dan menentukan judul yang bagus untuk blog bisnis atau website anda.

Protected by Copyscape
Memilih Nama Domain Dan Judul Blog Yang Bagus Untuk Blog Bisnis Online | Ahmad Nalilu | 4.5